Selasa, 01 Juni 2010

Alat kontrasepsi baru bagi pria akan diluncurkan

Jakarta - Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) akan meluncurkan alat kontrasepsi (alkon) KB pria baru untuk mendorong peningkatan partisipasi kaum pria dalam ber KB.

"Program peluncuran alkon KB pria baru selain kondom dan vasektomi itu, berlatarbelakang rendahnya partisipasi kaum pria untuk ber KB," kata Kepala BKKBN Provinsi Bengkulu, Hilaluddin Nasir di Bengkulu, Jumat (13/11).

Dia mengatakan, saat sekarang pertumbuhan partisipasi pria berKB amat lamban disebabkan sebagian menerima informasi negatif tentang alkon KB pria yang sudah ada sekarang, seperti kurang nikmatnya dalam hubungan suami isteri.

Disamping itu juga disebabkan hambatan cara kontrasepsi yang terbatas, kurangnya ragam alat kontrasepsi bagi KB pria. Tidak seperti yang tersedia untuk kaum wanita.

Untuk menjawab tantangan itu, katanya, BKKBN akan meluncurkan beberapa alat kontrasepsi KB pria berupa pil dan suntikan.

"Peluncuran alat kontrasepsi jenis itu akan direalisasikan setelah melalui penelitian oleh lembaga dan badan di tingkat pusat. Diharapkan lima tahun mendatang alkon dimaksud sudah beredar di masyarakat," katanya.

Dengan bertambahnya alkon KB pria baru ini nanti, katanya, akan dapat menjawab tantangan terhadap lambannya pertumbuhan KB pria saat ini.

Dikatakannya, masih rendahnya partisipasi pria dalam ber KB memang tidak sepenuhnya karena kurangnya variasi cara kontrasepsi saja, tetapi juga disebabkan belum samanya persepsi kaum pria dalam ber-KB.

Namun berbagai indikasi yang menyebabkan rendahnya partisipasi KB pria berusaha dijawab satu persatu, sehingga dapat menjadi solusi sehingga KB pria menjadi meningkat.

Lambannya pertumbuhan KB pria itu tidak hanya terjadi di Bengkulu, melainkan di seluruh provinsi di Indonesia dan secara nasional masih rendah. Oleh sebab itu penanganannya juga dilakukan secara nasional, katanya.

sumber : http://www.primaironline.com/berita/sosial/alat-kontrasepsi-baru-bagi-pria-akan-diluncurkan

Custom Search

Tidak ada komentar: