Senin, 28 Oktober 2013

Smegma / Kotoran di sekitar kepala penis

SMEGMA adalah kotoran yang warnanya putih seperti lemak yang timbul karena sisa-sisa buang air kecil yang mengendap diantara kulit kulup dangan kepala penis (gland penis). Smegma ini apabila dibiarkan akan menumpuk dan makin banyak sehingga sering kali menimbulkan perlengketan yang terkadang menyebabkan iritasi.

Pada anak-anak atau pun orang dewasa yang tidak punya kelainan fimosis (lubang kulupnya kecil) sebaiknya selalu membersihkan kepala penis setelah buang air kecil sampai ke lehernya karena apabila enggan membersihkannya smegma ini sudah pasti akan timbul. Smegma yang timbul apabila dibiarkan dan menimbulkan iritasi yang berulang-ulang akan menjadikan terjadi suatu perlengketan antara kulit kulup dengan gland penis bahkan apabila dibiarkan sampai dewasa perlengketannya bisa sangat hebat yang kadang pada saat ereksi bisa terjadi pendarahan pada kepala penisnya. 


Pada beberapa studi kasus smegma ini merupakan salah satu faktor predisposisi atau penyebab terjadinya kanker kulit pada orang-orang dewasa. Keuntungan lainnya apabila anak atau orang tersebut memutuskan untuk di khitan kulit kepala yang sudah bersih dari smegma biasanya ikut juga mempengaruhi proses penyembuhan pasca khitan menjadi lebih cepat dan pasiennya sendiri biasanya akan merasa lebih nyaman walaupun setelah khitan si pasien langsung memakai celana karena kepala penisnya sudah tidak terlalu sensitif meski tergesek-gesek dengan kain atau celana. Beberapa contoh kasus smegma pada orang yang jarang membersihkan sisa-sisa buang air kecil pada kepala penis. http://pusatkhitandanbedahminor.com/smegma-kotoran-di-sekitar-kepala-penis/

Tidak ada komentar: